Cara Membuat Roket Air Sederhana - Teks Prosedur

Nama Kelompok : Rocket Puncher
Anggota Kelompok :
- Chelsy Syakilla Jovaty
- Jan Gerrard Rafanael
- M. Dhafa Lubis
- Rachel Assifa 
- Safa Ardina Rahman
Kelas : XI MIPA-1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia 
Guru Pembimbing : Harry Syahputra Gultom, M.Pd.

Cara Membuat Roket Air Sederhana

Kalian tentunya sudah tidak asing dengan roket. Antariksa, astronot, dan eksplorasi luar angkasa merupakan hal-hal yang berkaitan dengan roket. Pada umumnya, roket merupakan wahana luar angkasa berupa kendaraan terbang atau peluru kendali yang terdorong melalui reaksi roket. Roket difungsikan untuk mengirim objek seperti satelit buatan, wahana antariksa, atau bahkan manusia sekalipun ke luar angkasa untuk tujuan tertentu. Bahan bakar yang digunakan sebagai penggerak pesawat luar angkasa ini adalah hidrogen cair dan oksigen cair. Ternyata roket dapat dibuat dengan berbahan bakar air. Tentunya roket tersebut berfungsi hanya sebagai bahan percobaan atau sekedar mengetahui konsep roket saja. Berikut ini adalah prosedur pembuatan roket air sederhana.

Alat yang digunakan :
1. Gunting
2. Cutter
3. Pompa ban
4. Kunci ring 12
5. Kunci pas 12
6. Cat semprot

Bahan yang dibutuhkan :
1. 1 buah botol bekas Aqua 1.5 liter
2. 1 buah kardus
3. 1 buah pentil ban
4. 1 buah mur
5. Karton 
6. Selotip 2-sisi
7. Selotip
8. Plastisin 1 ruas jari

Langkah-langkah :
1. Lubangi tutup botol dengan paku, lalu sambungkan dengan pentil ban dan rekatkan menggunakan sedikit plastisin. Lalu, pasang mur pada pentil ban menggunakan kunci ring 12 agar pentil ban dan tutup botol dapat tertutup rapat.
2. Tutuplah botol menggunakan tutup yang sudah diberi pentil ban.
3. Warnai botol menggunakan cat semprot dan tunggu hingga kering.
4. Potong karton hingga berbentuk menjadi kerucut dan tempelkan pada bagian bawah botol dengan selotip 2-sisi.Kemudian, buatlah sayap roket menggunakan kardus dan karton. Tempelkan sayap tersebut pada botol.
5. Lakukan percobaan penerbangan roket tanpa air. Isi udara di dalam botol dengan menggunakan pompa, kemudian lepaskan tutup botol dengan segera (pastikan percobaan tersebut berhasil dengan syarat tidak terjadi kebocoran udara dari roket).
6. Lakukanlah penerbangan roket menggunakan air. Masukkan air sebanyak 300 mL ke dalam botol dan isi udara di dalam roket dengan menggunakan pompa, kemudian lepaskan tutup botol dengan segera.
Setelah mengamati prosedur tadi, tentunya kalian telah mengetahui cara kerja roket air. Roket air tersebut dapat terbang dikarenakan terjadinya Hukum 3 Newton, yaitu Hukum Aksi-Reaksi. Roket air memberikan gaya aksi yang sangat besar kepada gas dengan mendorong gas keluar. Gas tersebut pun turut memberikan gaya reaksi yang sama besar dengan mendorong roket air ke atas. Sekian prosedur pembuatan dan penjelasan mengenai roket air dari kami. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan tulisan ini. Penulis juga mengharapkan kritik dan saran agar tulisan ini dapat terus disempurnakan dari waktu ke waktu.

Catatan : Buka tutup botol dengan segera guna menghasilkan dorongan yang lebih besar terhadap roket.

Berikut merupakan link video pembuatan roket air sederhana :

Komentar

  1. Pertanyaan dari Ivana :
    Mengapa tidak terdapat foto cat semprot pada alat yg digunakan?

    BalasHapus
  2. Pertanyaan dari Ivana :
    Mengapa tidak terdapat gambar cat semprot pada bagian alat?

    pada langkah yang ke-4, kenapa tidak terdapat spasi antara kalimat 1 dengan kalimat 2(setelah tanda baca titik)?

    BalasHapus
  3. Pada bagian alat tertulis "kunci ring 12" dan "kunci pas 12", apakah 12 itu jumlah kunci ring dan kunci pas yang harus disediakan?

    BalasHapus
  4. Pada bagian alat terdapat "kunci ring 12" dan "kunci pas 12". Angka 12 pada kalimat itu menunjukkan apa? Banyaknya kunci ring dan kunci pas yang harus disediakan? Sedikit rancu kalimatnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cyber Bullying - Teks Eksplanasi (12) Jan Gerrard Rafanael